1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Dari seorang jasa pengantar barang menjadi Trader Sukses
Diperbarui • 2023-12-21

Dari seorang jasa pengantar barang menjadi Trader Sukses

1.jpg

Ingin membeli makanan bergizi untuk makan malam atau menabung untuk hadiah kecil untuk adik perempuan? Ingin membeli baju baru untuk bermain sepak bola atau menggunakan uang ini untuk mengisi lemari es? Ini adalah dilema yang dihadapi Somchai Pongsawat yang datang dari Nakhon Si Thammarat setiap hari sebelum dia mulai trading dengan FBS.

Seorang pria biasa asal Thailand berusia 23 tahun, Somchai tinggal bersama keluarga besarnya yang terdiri dari tiga anak (Somchai dan adik perempuannya), orang tua, kakek, nenek dari pihak ibu, dan seorang paman. Sebagai anak tertua dan satu-satunya anak laki-laki, dia bekerja sejak dia berusia 12 tahun, dan dalam empat tahun terakhir, dia telah bekerja di salah satu jasa pengiriman lokal. Tertarik pada sepak bola dan sepeda motor, Somchai menghabiskan seluruh waktu luangnya di lapangan atau garasi. Kerja, sepak bola, kerja, motor, kerja, kerja, kerja... Itu adalah rutinitas hariannya.

Namun, pikirannya jauh dari hanya sekedar tugas dan aktivitas sehari-hari - Somchai selalu memimpikan kehidupan yang lebih baik. Penasaran dan pintar, dia selalu tahu bahwa pekerjaan ini hanya sementara, dan dia akan meraih lebih dari sekedar jasa pengantar terbaik bulan ini.

Pada Januari 2020, dia melihat iklan FBS dan benar-benar tertarik dengan trading sebagai cara yang menarik dan mudah untuk mendapatkan profit. Kenapa tidak mencobanya? Padahal, trading adalah area yang benar-benar asing bagi Somchai. Dan dia berada dalam posisi dimana dia tidak bisa mengambil risiko apa pun – karena hal ini dapat sangat berdampak pada dirinya dan juga keluarganya jika kehilangan uang. Jadi, pemuda ini harus bertindak secara bijaksana. Dan dia akhirnya melakukannya! Membuka akun demo adalah keputusan terbaik bagi Somchai pada saat itu - dia mendapat akses ke dunia FX dan mencegah dirinya mengambil risiko kehilangan.

Begitu memasuki pasar, Somchai menyadari bahwa satu-satunya cara untuk menghasilkan uang melalui trading adalah menanggapinya dengan serius – menguji teknik, membangun strategi yang solid, merencanakan semuanya dengan cermat. Ia mulai mendalami materi pembelajaran di situs FBS, dan menonton video pelatihan oleh analis FBS, serta mempelajari analisis teknis. Lalu, ia juga membaca belasan berita ekonomi dan membuatnya terjun ke analisis fundamental.

Trading telah menarik sebagian besar perhatian Somchai, dia belajar siang dan malam, dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Hal tersebut bukan hanya cara untuk melindungi dirinya secara fisik – dari virus corona yang menyebar secepat kilat, dan lebih banyak orang kini bekerja dari jarak jauh. Dia juga merasa harus fokus pada trading. 'Sesuatu yang besar akan datang' – pikirnya saat itu. Tapi itu jelas bukan tentang COVID-19.

Pada Maret 2020, ketika pandemi melumpuhkan seluruh dunia, Somchai mendapatkan $ 10.000 pertamanya. Itu tampak mustahil baginya ketika dia hanya mendeposit $5 – jumlah minimum yang diperlukan untuk membuka akun Micro. Tidak lama setelah itu, dia juga membuka akun Standard. Dengan demikian, dengan belajar keras dan tetap fokus, Somchai mendapatkan jumlah sebanyak itu hanya dalam beberapa bulan. Dan itu baru permulaan.

Hingga saat ini, Somchai telah melipatgandakan profit bulanannya. Dia masih pria biasa, menyukai sepak bola, motor, tetapi sekarang ia menyewa apartemen yang jauh lebih baik yang dilengkapi dengan Ac, memberikan hadiah kepada saudara perempuannya secara teratur, dan memiliki begitu banyak rencana untuk tahun-tahun mendatang.

Kami memutuskan untuk mewawancarai trader muda tersebut. Berikut hal yang dia ceritakan kepada kami.

2.jpg

- Mengapa Anda memutuskan untuk mengubah hidup Anda dan menjadi seorang trader?

Saya selalu memiliki perasaan bahwa saya mampu melakukan segalanya. Ini sama seperti ketika Anda merasa memiliki begitu banyak kekuatan, tetapi pada waktu itu bukan merupakan saat yang tepat untuk membuka potensi Anda. Ketika saya berusia 23 tahun, saya menyadari bahwa waktunya telah tiba – saya harus mencapai kebebasan finansial, saya harus menjadi orang lain selain seorang pengantar barang. Itu merupakan suatu keputusan yang matang – Saya mencoba trading di akun demo, disitu membuka wawasan saya dalam trading, mempelajari literatur yang relevan, dan menyadari bahwa saya ingin mencurahkan seluruh waktu saya untuk aktivitas ini dan membangun karier di bidang ini. Jadi, saya melepaskan pekerjaan jasa pengiriman itu. Dan begitulah asal muasalnya.

- Apa tantangan terbesar bagi Anda saat Anda mulai trading?

Hmm, saya pikir analisis fundamental yang saya perjuangkan untuk pertama kalinya adalah hal tersulit. Tapi saya memahaminya dengan cepat dan sangat menyukainya. Selain itu, sangat merasa aneh bekerja dari jarak jauh pada minggu pertama. Saya mudah tergganggu setiap 5 menit… Tetapi ketika saya mulai merencanakan agenda kerja harian, masalahnya hilang begitu saja.

- Apa strategi trading favorit Anda?

Saya lebih suka day trading.

Apa saran Anda untuk Somchai lainnya – seorang pemula yang baru terjun ke dunia FX?

Silakan, Nak! Anda bahkan tidak bisa membayangkan apa yang menunggu Anda di sisi sana! Terus berjuang (tertawa)!

 Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk trading dalam satu hari?

Ya, itu tergantung. Kadang saya bisa duduk di depan layar sepanjang hari atau hanya setengah jam. Saya dapat memutuskan sendiri berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk trading. Dan saya senang sekali bisa merasa seperti ini!

- Pernahkah Anda berpikir mengganti pekerjaan adalah keputusan yang salah?

Tidak pernah. Meskipun terkadang sulit, saya yakin trading adalah sesuatu yang ingin saya lakukan dalam hidup.

- Bagaimana hidup Anda berubah selama beberapa bulan terakhir?

Keluarga saya telah melunasi pinjaman dan menemukan tempat tinggal yang lebih baik untuk disewa! Kami memiliki AC, dan saya membeli sepeda motor. Tentu saja, saya memiliki tabungan yang besar, tetapi saya tidak akan memberi tahu Anda untuk apa saya membelanjakannya (tertawa).

- Apa saran Anda untuk orang-orang yang ingin memulai trading?

Singkirkan semua keraguan dan cobalah memulai. Jika Anda tidak menyukainya, Anda kapan saja bisa berhenti. Namun hal tersebut tetap patut dicoba, terutama dengan FBS. Selain itu, jangan terburu-buru untuk menarik profit Anda – taruh di perdagangan lain, tetapi diversifikasi investasi Anda. Anda harus bertindak cepat jika ingin menghasilkan uang nyata, jadi Anda harus siap bertindak. Saya telah melakukan kesalahan ini sekali; sekarang, saya jauh lebih bijaksana. Terakhir, teruslah belajar setiap hari – ini adalah kunci untuk sukses, saya dapat memastikan. Jika Anda berhenti malas, belajar keras, dan terus berlatih – Anda akan mencapai ketinggian yang hanya bisa Anda impikan sebelumnya.

Baca lebih lanjut

  • 4481

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera