Trading: cepat dan lambat

Trading: cepat dan lambat

Diperbarui • 2020-08-26

Berapa kali Anda memutuskan tanpa memikirkannya? Akui saja; terlalu sering.  Di antara keputusan ini, mungkin ada banyak yang Anda sesali. Di sisi lain, pemikiran analitis yang menyeluruh membutuhkan lebih banyak waktu tetapi membantu Anda untuk memahami tugas-tugas yang rumit. Perbedaan antara pengambilan keputusan intuitif dan analitis dibahas dan menjadi topik utama dari "Berpikir, Cepat dan Lambat", buku yang ditulis oleh ekonom terkenal dan pemenang hadiah Nobel, Daniel Kahneman. Buku ini menjelaskan bagaimana orang mengambil keputusan dan mengapa kesalahan terjadi selama proses ini. Pada artikel ini, kami akan mencoba menerapkan inti yang dibahas pada buku ini ke aktivitas trading.

Dua sistem pemikiran

Infographic-01.jpg

Menurut buku tersebut, kita memiliki dua sistem pemikiran; Sistem 1 dan Sistem 2. Sistem yang sebelumnya otomatis, dan Anda mengimplementasikannya secara langsung. Beginilah cara otak Anda bekerja: otak melihat masalah, membandingkannya dengan pengalaman di masa lalu, lalu menawarkan Anda solusi. Dalam beberapa situasi kehidupan sehari-hari, hanya perlu satu kedipan mata untuk menghasilkan sebuah keputusan akhir. Misalnya, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memahami bahwa aroma yang Anda rasakan berasal dari donat favorit Anda? Tebakan kami, hanya dalam jangka waktu beberapa detik. Atau, sistem 2 membutuhkan analisis yang lebih kompleks. Di sini, Anda perlu menggunakan keterampilan, pengetahuan, dan menggunakan otak Anda secara lebih dalam.

Mari kita lihat bagaimana kedua sistem ini bekerja dalam trading.  Sebagai contoh, apa yang dipikirkan oleh trader berpengalaman ketika dia membaca berita yang digambarkan di bawah ini?

3333.png

Pikiran pertama yang muncul di benak setiap trader adalah “It’ saatnya membeli aset berisiko!” Pikiran Anda memilah-milah setiap aset berisiko yang Anda tahu (termasuk saham, mata uang komoditas, indeks, dll.)

Tetapi apa yang harus Anda beli untuk menghindari kesalahan? Untuk menjawab pertanyaan ini, Sistem 2 menyala, dan Anda mulai menganalisis aset mana yang benar-benar layak diperdagangkan saat ini. Anda mencari kepastian, seperti pola candlestick, pola grafik, dan level signifikan.  Hanya setelah analisis menyeluruh diproses melalui Sistem 2, baru Anda dapat membuat keputusan.

Penyederhanaan berdasarkan Sistem 1

Meskipun Sistem 1 pada umumnya akurat, ada beberapa situasi dimana mereka tidak berjalan dengan benar. Bahkan, Sistem 1 terkadang mencari jawaban yang lebih mudah untuk pertanyaan daripada apa yang diajukan.

Misalnya, setelah mendengar tentang kenaikan bullish di pasar, Anda dapat terjun kesbuah trading tanpa berpikir dua kali, diikuti oleh emosi dan rasa takut kehilangan. Tetapi meskipun Anda mengantisipasi kesuksesan, pasar dapat berbalik ke arah yang berbeda. Hal tersebut terjadi karena Anda melewatkan sinyal penting yang menunjukkan perubahan tren.

WYSIATI: What you see is all there is

Infographic-02.jpg

Aspek menarik lainnya yang diperhatikan oleh Mr. Kahneman adalah WYSIATI – “what you see is all there is”. Ungkapan ini mencerminkan fenomena yang membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang terbatas. Sebagai hasil dari WYSIATI, seorang trader dapat membuat kesimpulan yang salah tentang pasar berdasarkan jumlah informasi yang terbatas. Karena otomatisme Sistem 1, pikiran kita mengidentifikasi koneksi yang tampaknya ada di antara peristiwa-peristiwa tersebut. Setelah itu, penilaian atau kesan yang terbentuk dikonfirmasi oleh Sistem 2.

Sebagai hasil dari WYSIATI, kesalahan berikut cukup sering terjadi.

  • Hukum angka kecil.<0> Kadang, yang dibutuhkan oleh seorang trader adalah melihat hasil dari sampel kecil (mis. 3 orang) untuk memutuskan kesimpulan akhir. Sebagai contoh, Anda melihat kepala berita “Menurut para analis, resesi akan tiba “. Anda akan membuat kesimpulan bahwa resesi sedang berlangsung, meskipun itu adalah pendapat tiga jurnalis yang hampir tidak ada kaitannya dengan ekonomi. Anda akan tahu ketika Anda membuka artikel dan memperhatikan teks, tetapi Anda terlalu sibuk panik dan menarik dana. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan ini, Anda perlu memeriksa fakta-faktanya pada setiap saat. Sangat disarankan untuk membaca berita dan analisis dengan cermat dan mulai membiasakan diri dengan mencari sumber aslinya.
  • Keterkaitan antara peluang dan kehilangan kesempatan. Ini adalah kesalahan yang kami yakin Anda sering hadapi dalam praktik trading Anda, para analis teknis kami yang terhormat.

111.png

Ingat level support atau resistensi yang Anda anggap terlalu kuat untuk ditembus sembari mengharapkan rebound? Tiba-tiba, level itu tidak sesuai, dan Anda kehilangan kepercayaan pada statistik. Seperti yang Kahneman tulis, “ banyak kejadian di dunia terjadi karena kebetulan, termasuk ketidaksengajaan pengambilan sampel”. Oleh karena itu, Anda harus selalu melihat gambaran yang lebih besar dan memahami apa yang terjadi di pasar, peristiwa apa yang terjadi saat ini dan melacak sentimen risiko. Untuk membaca lebih lanjut tentang hal ini, periksa kalender ekonomi<0>dan <0>tips untuk memahami sentimen risiko.

  • Kekeliruan naratif. Orang sering membuat penjelasan yang tidak benar mengenai peristiwa masa lalu. Ingat kisah seorang trader yang sukses? Ketika Anda membacanya, Anda berpikir: "Wow, orang ini memiliki trading di darah jiwanya!" Yang tidak terlintas di benak Anda adalah latar belakang, Kejadian-kejadian yang tidak disengaja, kerugian, dan desas-desus lain yang dihindari penulis yang menceritakan tentang keunikan suatu kasus. Jika Anda tidak terbiasa dengan kekeliruan naratif, Anda akan mulai percaya bahwa narator adalah "trading guru", "pakar sukses", dll. Itulah sebabnya kami menyarankan Anda untuk terinspirasi oleh kisah-kisah ini, tetapi perlu diingat bahwa kita semua adalah manusia. Anda tidak dapat’ menjadi trader andal secara otomatis, tetapi bahkan Anda juga dapat menciptakan cerita yang lebih baik mungkin?
  • Percaya diri yang terlalu besar. Kesalahan yang paling sering dilakukan para trader. Hal tersebut juga disebabkan oleh ketidak tahuan atas latar belakang. Bayangkan jika Anda adalah trader pemula yang baru saja belajar tentang gap. Lihat dari beberapa posting di Facebook menyebutkan bahwa sebagian besar gap harus diisi.

Anda membuka grafik &P500, menunggu gap, dan …membuka sell order. Anda lupa bahwa ada berbagai jenis gap, termasuk continuation dan common gap. Fakta terkenal tentang gap yang terisi terkait dengan common gap, sementara continuation gap terjadi selama tren naik/turun. Ketika Anda trading &P500 yang bergerak naik, Anda menghadapi continuation dan kehilangan uang Anda. Jadi, kami sarankan Anda untuk membiasakan diri dengan semua fakta yang mungkin terjadi sebelum melakukan sebuah trading.

44553.png

Sebagai kesimpulan dari artikel berdasarkan studi Mr. Kahneman’s, Mari ’ ingat 5 tips penting untuk menghindari permainan yang disebabkan oleh Sistem 1.

  1. Selalu konfirmasikan;
  2. Jangan ’ menyimpulkan berdasarkan data yang terbatas;
  3. Ketahuilah bahwa semua kisah guru dirancang untuk membuat Anda percaya pada keunggulan mereka;
  4. Bahkan ketika Anda menemukan sinyal trading baik dari orang lain –, coba jelaskan mengapa Anda melakukan order di sini dan tidak 100 pips di atas/di bawah.
  5. Cobalah masuk lebih dalam dengan fakta yang Anda ketahui. Pelajari semua tanda potensi pembalikan dan’ jangan tertipu oleh otak Anda sendiri.

COBA SECARA NYATA

Menyerupai

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara mendapatkan Trade 100 Bonus?

    Tingkatkan keterampilan trading Anda dengan $100 gratis dari FBS. Untuk mengaktifkan opsi ini, buka akun Trade 100 Bonus yang sudah terisi $100. Gunakan dana ini selama 30 hari trading aktif dan lakukan trading dengan lima lot. Jika berhasil, Anda bisa mendapatkan profit Anda sebesar $100. Ini adalah penawaran serba menguntungkan! Anda tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk memiliki profitnya, tetapi juga bisa menguji pasar yang sesungguhnya sekaligus melatih keterampilan FX Anda. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pelajari lebih lanjut

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah 00:30:00

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera