Data CPI AS Bukti Lebih Lanjut Disinflasi Dan Akhir Siklus Suku Bunga Fed

Data CPI AS Bukti Lebih Lanjut Disinflasi Dan Akhir Siklus Suku Bunga Fed

Diperbarui • 2023-11-15

Harga konsumen AS bulan Oktober telah dirilis dengan angka yang di luar perkiraan. Inflasi konsumen AS melemah, ini karena turunnya harga bahan bakar, sementara kenaikan inflasi tahunan yang mendasari merupakan kenaikan terkecil dalam dua tahun terakhir, sehingga memperkuat pandangan bahwa kemungkinan besar Federal Reserve akan menyudahi siklus kenaikan suku bunga nya.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan, Indeks harga konsumen (CPI) tahunan AS naik 3,2% pada bulan Oktober. Angka ini melambat dari laporan 3,7% pada bulan September, sebagian besar disebabkan oleh penurunan harga bahan bakar. Penurunan inflasi tahunan ini merupakan yang pertama dalam empat bulan terakhir. Sementara CPI bulanan tidak mengalami perubahan, 0.0% yang turun dari di bulan sebelumnya untuk kenaikan 0,4%. Para ekonom memperkirakan inflasi tahunan tumbuh 3,3% dan inflasi bulanan 0,1%.

Meskipun harga sewa terus meningkat di bulan lalu, laju kenaikannya melambat dari bulan September. Angka inflasi yang lebih rendah dari perkiraan yang dilaporkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja (BLS) pada hari Selasa mendorong imbal hasil obligasi AS juga menurun, menyeret dolar AS dan memicu reli di pasar saham.

Turunnya angka inflasi konsumen AS yang krusial untuk bulan Oktober ini membuat greenback terjun bebas pada hari Selasa. Dolar AS berada di bawah tekanan jual yang cukup hebat, Indeks Dolar AS turun 1,25% menyentuh level terendahnya di level 104,04, level yang terakhir kali disentuh pada awal September silam.

Para investor dengan cepat melepas dolar AS seiring asumsi imbal hasil obligasi AS telah mencapai puncaknya. imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun turun hampir 3% pada hari Selasa di 4,44%. Penurunan yield obligasi ini imbas proyeksi bahwa Federal Reserve AS kemungkinan besar tidak menaikkan suku bunga pada pertemuan di Desember bahkan pasar melihat proyeksi penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin, setidaknya pada bulan Juni tahun depan.

Mengingat ketua Federal Reserve, Jerome Powell, yang mengatakan, kebijakan suku bunga akan bergantung dengan data, membuat "laporan CPI ini melengkapi laporan Nonfarm Payrolls (NFP), yang menunjukkan peningkatan hanya 150.000 pekerjaan di bulan Oktober. Menilai dampak dari data inflasi AS terhadap pasar, seakan menjadi legitimasi bagi the Fed untuk tidak menaikkan suku bunga dan kembali menahan suku bunga pada pertemuan terakhir Fed di 2023 ini.

Skenario soft-landing ini sangat mendukung pasar saham, karena perusahaan-perusahaan diuntungkan oleh suku bunga yang lebih rendah dan permintaan konsumen yang sehat. Sementara bagi dolar AS, data ini merugikan - ekspektasi untuk biaya pinjaman yang lebih rendah membebani Greenback. Indeks saham melonjak setelah laporan tersebut, dengan S&P 500 futures naik 1,3%.

Efek lainnya dari data CPI kali ini adalah, dengan proyeksi tidak ada kenaikan suku bunga oleh Fed, dolar AS yang dipengaruhi oleh penurunan yield obligasi yang diyakini sudah mencapai puncaknya, berpotensi mendorong emas kembali menuju level 2000. Tidak hanya itu, nilai tukar mata uang AS itu juga akan melemah terhadap mata uang mayoritas.

 USDH4.jpg

Indeks dolar diperkirakan akan kembali turun ke area 102.00, namun masih akan bergerak di sekitar level 103-an. Grafik pada timeframe H4 menunjukkan indeks dolar AS menjauhi dari lintasan Simple Moving Average(SMA)50 dan Moving Average lainnya, 100 dan 200, di mana SMA50 mulai menunjukkan penurunan yang mulai melebar, yang mengindikasikan potensi penurunan indeks dolar AS lebih jauh. Sebuah penurunan yang dikonfirmasi oleh indikator Relative Strength Index turun tajam ke level Oversold.

Penurunan lebih lanjut membuka peluang indeks dolar turun menuju level support terdekatnya di level 103.42 dengan level support selanjutnya di 102.82. Sementara jika cukup kuat untuk memulihkan penurunan di sepanjang pekan ini, indeks dolar AS akan terlebih dahulu harus melewati level resistance terdekatnya di level 104.69. berhasil menembus ini akan membawa greenback menuju level resistance selanjutnya di 105.20.

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera